Rabu, 13 Agustus 2014

Courtois atau Cech


London - Premier League akan bergulir akhir pekan ini, sementara Chelsea belum bisa memastikan siapa kiper yang akan menjadi pilihan pertama. Manajer Jose Mourinho memilih merahasiakannya sampai sehari sebelum laga.

Punya dua kiper top dunia dalam diri Thibaut Courtois dan Petr Cech menjadi problema tersendiri bagi Chelsea. Di satu sisi, The Blues boleh menepuk dada karena gawangnya bisa senantiasa aman, tapi di sisi lain ego dari kedua kiper ini berpotensi menimbulkan masalah.

Cech misalnya, sudah sejak 2004 menjadi pilihan utama Chelsea di bawah mistar. Soal pengalaman, kiper 32 tahun ini jelas tak bisa diragukan lagi. Cech juga sudah berjasa mengantarkan Chelsea meraih sejumlah trofi, di antaranya tiga gelar Premier League, satu titel Liga Champions, dan satu trofi Liga Europa.

Sementara Courtois juga tak kalah oke. Kiper 22 tahun ini dicap sebagai salah satu pemain paling berbakat di dunia. Dia usianya, penggawa tim nasional Belgia ini telah meraih sejumlah gelar antara lain menjuarai Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Europa, dan Piala Super Eropa yang seluruhnya diraih kala dipinjamkan ke Atletico Madrid. Dia juga berjasa mengantarkan Los Colchoneros ke final Liga Champions musim lalu.

Cech tentu tak akan menyerahkan posisinya begitu saja, setelah hampir tak tergusur selama hampir satu dekade. Sementara Courtois pun tak akan rela cuma jadi penghangat bangku cadangan menyusul performa gemilangnya selama beberapa tahun terakhir.

Pembicaraan soal kiper ini menghangat usia Chelsea melakoni laga uji coba kontra Real Sociedad, Rabu (13/8/2014) dinihari WIB tadi. Dalam laga yang dimenangi Chelsea 2-0 itu, Mourinho untuk pertama kalinya menurunkan Courtois selama 90 menit penuh.

Sebelumnya, Courtois memang diganggu cedera selama pramusim sehingga total hanya tampil dua kali di masa persiapan ini. Sebelumnya saat bermain kontra Werder Bremen, dia hanya tampil satu babak.Hal ini lantas menuntun ke anggapan bahwa Mourinho tengah berupaya mengembalikan level kebugaran Courtois, dengan membuatnya tampil 90 menit. Dengan demikian, Courtois bisa siap untuk dimainkan di laga perdana musim ini kontra Burnley, Senin (18/8/2014) malam waktu setempat.

Namun hal ini dibantah oleh Mourinho. Eks pelatih Porto, Inter Milan, dan Real Madrid itu menyatakan keputusannya memainkan Courtois secara penuh hanya karena si pemain kekurangan waktu bermain sebelumnya. Soal siapa yang akan menjadi pilihan pertama di laga kontra Burnley, Mourinho sudah punya pilihan tapi baru akan mengungkapnya sehari sebelum pertandingan.

"Saya memainkan Courtois selama 90 menit karena dia sebelumnya cedera dan tidak bermain akhir pekan lalu. Petr memainkan dua laga di Turki dan di babak pertama melawan Ferencvaros. Sejak datang, Courtois baru bermain 45 menit melawan Werder Bremen, oleh karena itu dia perlu tampil," katanya.

"Fakta bahwa Courtois tampil 90 menit bukan berarti saya menyatakan dia adalah pilihan pertama untuk laga Senin nanti. Itu karena dia tidak bermain di tiga laga terakhir. Kedua pemain tidak tahu siapa yang akan saya turunkan nanti. Kapan saya akan mengatakannya kepada mereka? Pada hari Minggu," tandasnya.

Sementara itu, kabarnya para penggemar Chelsea lebih menginginkan Courtoisyang berada di bawah mistar ketimbang Cech. Dalam laga dinihari tadi, ada momen di mana para penggemar meneriakkan chants dukungan terhadap Courtois.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar